Teknik Papras noken

Mungkin bagi mereka para pejiwa racing memiliki keinginan motornya mempunyai kecepatan saat di pacu di lintasan juga bisa di gunakan untuk harian,ada salah satu komponen yang mempengaruhi hal tersebut yaitu noken as.


Noken As atau disebut kem atau camshfat adalah komponen yang terdapat pada mesin 4 tak yg berfungsi untuk mengatur dan menggerakkan katup/klep (valve) dengan cara mendorongnya dengan dua tonjolan (lift). Noken As digerakkan oleh thiming chain (rantai kamprat/rantai keteng), yang menghubungkannya dengan kruk as.

Peran vital noken as dalam performa motor 4 tak terletak pada fungsinya yang mengatur kapan klep terbuka sehingga timing bahan bakar dan udara yang masuk ke head silinder tepat sesuai dengan langkah piston

Anda juga harus tahu kebutuhan dari modifikasi noken as racing tersebut apakah untuk drag race, balap road race atau harian. Ketiganya memiliki spesifikasi yang berbeda misalnya pada drag membutuhkan tenaga atas, road race tenaga bawah dan buat harian menggunakan rata namun tidak se ekstrem kedua jenis diatas.






Berikut beberapa hal untuk modifikasi noken as :

  • Tune Lobe Separation Angle
Lobe Separation merupakan Jarak pemisah antar kedua lobe, Lobe Separation  sendiri diukur antara puncak intake lobe dengan puncak exhaust lobe yang dapat menghasilkan kurva torsi lebih lebar di RPM tinggi namun membuat respon gas lebih lambat.
  • Overlap
Overlap merupakan hitungan durasi kruk As, klep intake dan exhaust terbuka bersamaan. Lalu antara port Ex dan port In saling berhubungan sehingga menghasilkan efek tenaga yang lebih besar.
  • Duration
Durasi merupakan lamanya putaran kem dalam membuka klep. Biasanya semakin besar durasi yang dimiliki maka semakin besar pula tenaga dari mesin motor tersebut. Jadi pada intinya mengatur durasi memang sangat penting terutama untuk motor setingan balap.
         
    Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum mengubah bentuk atau cara papras noken tersebut. seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa sebelum melakukan modifikasi tersebut sebaiknya putuskan lebih dulu kebutuhan yang diinginkan.atau hanya untuk harian sebaiknya jangan diubah terlalu ekstrem karena membuat anda kurang nyaman saat berkendara apalagi untuk di jalanan perkotaan yang sering terkena lampu merah. 


     Demikian informasi dar Masterinfo,tips mengubah bentuk noken as motor. Semoga bisa bermanfaat dan silahkan mencoba.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment