SPESIFIKASI MOTOR ROAD
RACE MP5
Road
race adalah kejuaraan balap sepeda motor yang dilakukan dengan kecepatan yang
sangat tinggi didalam lintasan jalan aspal yang di pacu dengan mengelilingi
sirkuit sesuai yang di perlombakan , dimana balapan ini dilakukan secara
serentak bersama sama.
1.Mulai dari klep.
Sejatinya, tak boleh ada ubahan diameter payung klep. Tapi pasal 14 Ayat 2. 7B
poin 2 di buku kuning, sebutkan, diameter kepala klep harus sesuai aslinya.
Tetapi diameter batang bisa diubah.
2.tunner pakai klep Honda Sonic. Klep ini bisa dipasang di Honda Blade atau
Yamaha Jupiter. “Aslinya Sonic 28 mm/24 mm. Lalu, dibikin ulang sesuai diameter
standar. Seperti Jupiter jadi 23 mm (in) dan 20 m (ex),” jelas Merit yang
banyak bikin motor luar Jawa.
3.Karburator standar
dari produksi motor itu alias karbu bawaan motor. Tapi, boleh dimodifikasi
bagian dalam. Tapi, haram mengubah arah, sudut dan panjang manifold.
Maka itu, reamer dilakukan demi memperbesar diameter venturi dan skep. Misalnya
Jupiter. Karbu standar direamer 22 mm. “Karena bentuknya oval, bagian atas
dibikin jadi 22 mm, sampingnya 18,5 mm
4.Lanjut, rasio,Bisa dilakukan di beberapa gigi atau full. Misalnya, Gigi
pertama hanya dilakukan penggantian satu sisi dengan menurunkan dari 34 jadi 32
mata. Lalu, gigi II tetap standar. Gigi III, juga ganti sebelah. Terakhir gigi
4, ganti kedua rasio sesuai kebutuhan.
Meski haram penggantian magnet, tapi malah diperbolehkan mengubah sistem
pengapian. Misalnya dari pengapian AC dibikin jadi DC.
5.Begitu juga otak pengapian. Bisa diganti pakai produk racing aftermarket.
Misalnya, CDI BRT atau Rextor. Harga tergantung tipe dan merek yang diinginkan.
6.Pemakaian piston juga ikut dibebaskan. Yang penting, ukuran masih tetap
standar. Mulai dari FIM iston hingga TDR bisa dan silakan dipakai. Begitunya
untuk Jupiter, ini bagai dilema. Karena untuk terjun di MP5, piston tetap pakai
52 mm.
7.Sebagai balap murah, ini juga berdampak pada pemakaian suku cadang dan
perawatan. Perawatan MP5 dan MP6 tergolong murah. Tidak seekstrem
perawatan MP1 dan hingga MP4.
Dengan power yang tidak banyak diumbar, komponen lebih aman dan tahan lama.
Mengingat tidak banyak komponen yang bisa dimainkan di kelas ini, kompresi yang
stabil jadi kuncian. Hal ini bisa dijaga lewat ring piston. Kalau bisa sih,
ring seher diganti setiap race. Sehingga kompresi bisa terjaga. Itu juga kalau
bisa...
8.Part lainnya, sil klep. Peranti penjaga naik-turunnya klep ini juga tergolong
awet. Pergantiannya dilakukan setiap event. Bukan per race. Kampas kopling,
juga awet. Bisa tahan untuk dua event.
Bisa Pakai Harian
Boleh dibilang, spek yang ditawarkan MP5 dan MP6 ini tak ubahnya
motor standar yang dipakai buat balap. Begitunya ketika diubah jadi spek balap
pun, Ayah, Ibu, Kakak atau adik masih bisa pakai buat aktivitas harian.
Karena kompresi mesin yang dipakai juga tidak terlalu tinggi. Begitu juga
pemakaian komponen yang dibatasi aturan.
Kompresi, biasanya hanya bermain 13:1. Angka ini, tak terlalu tinggi untuk
ukuran bebek four stroke. Apalagi regulasi baru di Kejurnas Seri II,
mengharuskan pemakaian bahan bakar Pertamax. Kompresi lebih turun lagi.
Dengan Pertamax, kompresi bisa saja main di angka 12,5:1. Makin enak buat harian
tuh. Lewat langkah ini, tunner atau bengkel-bengkel umum biasa juga bisa
bermain atau bikin spek MP5 dan MP6.
Apalagi, dana yang dibutuhkan juga enggak terlalu tinggi. Itu bisa saja. Kan
hanya beberapa part yang diubah. Misalnya, penggantian klep standar dengan yang
batangnya lebih besar. Jadi, klep kuat untuk diajak bermain lift tinggi.
kalau racikan atau spek engine MP5 dan MP6 itu bagus, time yang
didapat juga enggak jauh dari catatan waktu terbaik yang ditorehkan motor MP3
dan MP4. Itu kalau spek-nya bagus ya.
ConversionConversion EmoticonEmoticon